Investment Guidelines

1. Mulailah Investasi Leher ke Atas Terlebih Dahulu

Sebelum berinvestasi ada baiknya teman-teman harus memiliki ilmu yang mumpuni, kalo kata pepatah tau dikit-dikit lebih berbahaya dari pada tidak tau sama sekali. Ya kalo ga tau sama sekali kan ga bakal coba, tapi kalo tau dikit pasti coba padahal belom ngerti apa-apa. Hehe, nah untuk itu saya sarankan ikut seminar dan baca buku tentang saham.

Rekomendasi buku saham:

  1. Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki
  2. Who Wants to be a Smiling Investor, Lukas Setia Atmadja
  3. Beat The Market in Five Minutes, Teguh Hidayat
  4. The Intelligent Investor, Benjamin Graham
  5. How Buffett Does It, James Pardoe
  6. Berkshire Hathaway Shareholders Letters, Warren Buffett

 

2. Menentukan Strategi

Analisa dalam dunia saham secara umum dibagi 2, yaitu Analisa Teknikal dan Analisa Fundamental. Dari kedua analisa tersebut, masing-masing dapat dikembangkan menjadi banyak strategi, saya sendiri akan membuat artikel yang khusus membahas tentang strategi ini kedepannya. Nah, Masing-masing strategi tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing dan saya tidak bisa mengatakan yang teknikal lebih baik atau fundamental lebih ok. Hanya saja, seorang Warren Buffett sukses menjadi orang terkaya di dunia menggunakan analisa Fundamental, khususnya Value Investing. Karena itu saya juga menggunakan analisa Value Investing. Untuk memahami analisa Value Investing teman-teman dapat mempelajarinya melalui artikel-artikel berikut:

 

3. Memilih Sekuritas dan Membuat Rekening Dana Investor

Untuk berinvestasi saham, kita memerlukan sekuritas yang akan membuatkan kita Rekening Dana Investor (RDI / RDN). Fungsi sekuritas sendiri adalah perantara antara kita dan perusahaan terbuka. Masing-masing Sekuritas memiliki fasilitas yang berbeda dalam aplikasi online trading, peraturan minimum dana investasi dan fee transaksi. Saya menyarankan untuk menggunakan fasilitas sekuritas yang memiliki reputasi bagus dan berdiri lama.

Note: Jika teman ingin menanyakan rekomendasi sekuritas bisa hubungi langsung saya melalui E-mail.

 

4. Think Big, Start Small

Saham merupakan instrumen yang tinggi risiko, untuk itu lebih baik mulai berinvestasi dari dana kecil. Kalau bisa saya menyarankan untuk menggunakan dana nganggur untuk memulai. Walaupun dana kecil dengan konsep bunga-berbunga hasilnya akan menjadi sangat besar, yang penting adalah konsisten dan sabar. Pembahasan tentang bunga-berbunga teman bisa membaca artikel: Yuk Belajar Saham !

 

5. Know What You Invest

Di Bursa Efek Indonesia (BEI) saham yang sudah IPO sudah hampir mencapai 600 perusahaan dan akan terus bertambah, untuk pemula langsung analisa 600 saham saya jamin pasti mabok. Karena itu solusi saya adalah mulailah analisa dan berinvestasi di saham-saham yang kita kenal terlebih dahulu dan terapkan strategi diversifikasi, yakni jangan menaruh telur di satu keranjang. Maksudnya adalah alokasikan dana anda di beberapa perusahaan yang anda kenal, jadi jangan hanya satu perusahaan saja. Untuk strategi mengelola portofolio sendiri saya akan menulis artikel yang khusus membahas tentang manajemen portofolio nanti.

 

6. CANI (Constant and Never Ending Improvement)

Tips terakhir dari saya adalah larut sepenuhnya. Menurut Malcolm Galdwell dalam bukunya Outliers, waktu yang dibutuhkan untuk menjadi Master di bidang apapun didunia ini membutuhkan waktu belajar minimal 10.000 jam. Untuk itu, saran saya adalah selalu belajar dari buku, seminar dan orang-orang yang sudah sukses. Saya sendiri masih jauh dari Master karena baru memulai saham dari tahun 2015 dan biasa membaca koran, buku, menganalisa, mengelola portofolio sekitar 3 jam sehari. Karena itu saya sendiri masih ingin terus belajar dan mensharingkan ilmu-ilmu yang saya dapat kepada teman-teman pembaca.

 

Sekian tips memulai saham dari saya. Stay Hungry, Stay Foolish! Goodluck and Happy Investing 🙂

7 thoughts on “Investment Guidelines

  1. Pak saya baru baca artikel. Hany beberpa rencana saya ingin melahap habis artikel bapak. Trus menorehkn pengalam di blog ini pak. Siapa tau mau bikin chanel youtube juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *