Stock Analysis

Selamat Sempurna (SMSM) : Long-Term Investment

www.smsm.co.id

 

Di tahun 2017 PT. Selamat Sempurna Tbk. membukukan pertumbuhan laba sebesar 5,9% YoY. Well, pertumbuhan tersebut bisa di bilang biasa-biasa aja. Lalu apa yang spesial dari perusahaan ini? mari kita simak overview dari perusahaan ini:

Selamat Sempurna (SMSM) adalah perusahaan penyupplai spare part kendaraan dengan produk utamanya yaitu Filter dan Radiator. Pangsa pasar SMSM sendiri tidak hanya dalam negeri, tetapi mencakup pasar luar negeri seperti Amerika, Australia dan lain-lain. Perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan SMSM ini diantaranya seperti Chevrolet, Daihatsu, Bei Ben, Honda, Kia, Toyota, Isuzu, Mitsubishi, Mazda, Nissan dan masih banyak lagi. Berikut adalah produk-produk dari SMSM:

 

www.smsm.co.id

 

Okey, mari kita bahas dari sisi fundamentalnya.

Qualitative Analysis

Untuk analisa fundamental perusahaan ini saya ingin mengutip 1 kalimat dari perusahaan SMSM sendiri “Why Invest in Selamat Sempurna: SMSM is a good, solid, long term investment”.

Menurut analisa saya pribadi perusahaan ini memiliki Competitive Advantages:

  1. Pertumbuhan yang sangat stabil (lihat gambar pertumbuhan penjualan Ekspor).
  2. Target Market yang beragam, baik dalam negeri walaupun luar negeri.
  3. Posisi perusahaan berada di industri yang terus bertumbuh.
  4. Perusahaan yang menjadi supplier dari merek-merek perusahaan otomotif terkenal di dunia.

Quantitative Analysis

Sales & Net Profit Growth

Sepertinya kalau sudah lihat gambar di atas saya tidak perlu membahas apa-apa lagi tentang Penjualan & laba dari perusahaan SMSM ini. Mencari perusahaan yang labanya tumbuh 3 tahun saja sulit, apa lagi sampai 14 tahun.

Margin Laba Bersih yang Stabil

Berdasarkan data Laporan Tahunan 2016 SMSM, kita bisa melihat bahwa perusahaan ini memiliki Margin Laba Bersih (Net Profit Margin) yang sangat stabil. Selama 3 tahun berturut-turut kita bisa melihat bahwa SMSM bisa mempertahankan NPM di atas 15%, malahan cenderung naik. Padahal kita tahu bahwa tahun 2016 kemarin adanya penurunan daya beli masyarakat. Terbukti SMSM dapat menghadapi masalah-masalah tersebut.

Loyal Membagikan Dividend

Nah untuk dividend ini bukan salah satu kriteria utama saya dalam memilih saham. Saya lebih memilih perusahaan yang mereinvestasikan kembali keuntungannya, sehingga dapat meningkatkan nilai saham perusahaan tersebut lebih tinggi. Walaupun begitu, tetap saja 11 tahun pertumbuhan pembayaran dividen membuktikan bahwa perusahaan tersebut selalu membukukan keuntungan setiap tahunnya.

Hutang yang Konservatif

Hutang dari SMSM ini juga sangatlah konservatif, dimana SMSM hanya memiliki DER = 0,34. Untuk perhitungan teman-teman bisa lihat di artikel saya http://zomiwijaya.com/step-2-analisa-fundamental/.

PER, PEG, PBV & ROE

SMSM – Price  per tanggal 18 Juni 2017 = 1215 dan LK Q1 2017

  • PER : 15,6x
  • PEG : 3,0
  • PBV : 4,1
  • DER : 0,34
  • ROE : 26,3%

Berdasarkan rasio di atas, kita bisa menilai dari struktur permodalan SMSM sangatlah kuat. Hutang kecil tetapi ROE bisa mencapai 28,7% (SMSM tidak pernah ROE di bawah 25% semenjak tahun 2010). Berdasarkan rasio valuasi kita bisa melihat bahwa SMSM ini secara Actual Value harganya masih over value. Apabila teman-teman adalah long-term investor, SMSM adalah salah satu perusahaan yang layak dikoleksi.

 

Oke untuk artikel Stock Analysis kali ini saya akhiri sampai disini. Saya harap teman-teman tidak menelan informasi yang saya sampaikan bulat-bulat. Karena saya sendiri bisa saja salah dalam menganalisa. Mungkin walaupun analisa saya benar, sangat mungkin saham ini malah harganya tidak naik-naik hingga tahun depan (stagnan).

Saya lebih ingin untuk memberi pancing, bukan ikannya. Karena itu saya harap teman-teman bisa aktif juga dalam mencari saham-saham yang menurut teman bagus. Teman juga bisa menghubungi penulis apabila ingin menanyakan prospek tentang sebuah saham yang terdaftar di BEI. Oke, sampai jumpa di artikel berikutnya! Goodluck and Happy Investing! 🙂

 

 

“Whether you think you can, or you think you can’t. You’re right.” – Henry Ford

Tagged , , , , , , , , , , , ,

About Zomi Wijaya

Fundamentalist, Value Investor
View all posts by Zomi Wijaya →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *