Stock Analysis

Indofood CBP (ICBP) : Indomie Makanan Indonesia

http://www.indofoodcbp.com/

Sebelum saya ngomong panjang lebar tentang saham ICBP, saya ingin menyampaikan bahwa artikel stock analysis akan dibuat sebulan sekali. Isi dari artikel ini akan memaparkan sebuah saham dengan fundamental bagus yang layak untuk dipantau bahkan untuk di beli (karena tidak semua saham bagus layak untuk dibeli sekarang). Semua saham yang akan saya bahas di setiap artikel stock analysis, “biasanya saham yang saya pantau pergerakannya karena cukup menarik”. Nah, kayanya cukup sekian penjelasan tentang artikel stock analysis langsung kita bahas langsung aja tentang ICBP atau Indofood Consumer Branded Products Sukses Makmur Tbk.

Indofood CBP atau ICBP adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang konsumsi makanan, salah satu produk andalannya adalah Indomie. Siapa yang gak suka sama Indomie? jarang sekali saya menemukan orang Indonesia yang belum pernah makan Indomie. Bahkan teman saya yang kuliah di Amerika, masih sering mengkonsumsi Indomie walaupun jarang yang jual. Untuk produk lengkap dari ICBP sendiri adalah sebagai berikut:

www.idx.co.id

jadi selain Indomie juga masih banyak produk lainnya ada supermi, sarimi, indomilk, chitato, lays dan lain-lain yang pasti saya jamin merek-mereknya cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Ok, alasan pertama saya mengatakan ICBP merupakan saham yang bagus adalah karena produknya yang salah satunya adalah Indomie, memiliki brand image yang sangat kuat untuk penduduk Indonesia. Tidak terkecuali orang kaya atau miskin semuanya pasti makan Indomie. ICBP sendiri merupakan saham defensive, saham defensive adalah saham atau perusahaan yang memiliki produk, walaupun situasi ekonomi turun orang-orang tetap akan membeli produknya karena merupakan kebutuhan sehari-hari, Contoh lainnya adalah Unilever (UNVR) dan Philip Moris (HMSP). ICBP dengan produk utamanya yaitu Indomie, saya pikir ketika ekonomi Indonesia memburuk, orang-orang akan tetap makan Indomie bahkan lebih sering untuk tujuan berhemat.

Alasan kedua, kenapa beli saham ICBP? Perumbuhan yang KONSISTEN !

Kita lihat 3 grafik di atas, sales dan laba perusahaan yang selalu meningkat dari tahun ke tahun selama 5 tahun berturut-turut. Ini membuktikan bahwa ICBP adalah perusahaan yang berkembang secara konsisten! Menurut saya ada 3 alasan kenaikan sales dan laba yang konsisten dari ICBP, pertama Indonesia memiliki penduduk 250 Juta ++ dan populasinya terus meningkat sehingga bisa dibilang pangsa pasar Indonesia sendiri buaanyaaaakkkk bangettt! Alasan kedua adalah harga produknya ICBP mengikuti tingkat inflasi Indonesia, jadi harganya naik secara berkala. Saya rasa orang ga akan gajadi beli karena harga Indomie naik 100 atau 200 rupiah. Terakhir, Indofood milik keluarga Salim dikelola oleh manajemen yang baik. Terbukti laporan keuangan yang terus membaik setiap tahunnya.

Alasan Ketiga, yaitu kuantitatif fundamental analysis. Harga saham saat ini 8.500 per tanggal 30 Januari 2017, menurut analisa saya harganya boleh untuk dikoleksi, dimana ICBP pernah menyentuh harga 10.275 di tahun 2016 kemarin. Rasio analisa kuantitatif ICBP:

  • PER = 26,2
  • PBV = 5,4
  • ROE = 20,5%
  • DER = 0,6

Jika kita lihat rasio di atas dimana PER dan PBV tinggi yang berarti ICBP overvalued, tetapi ICBP memiliki ROE = 20,5% (angka ROE yang menurut saya bagus adalah 2x bunga BI Rate) dan DER sebesar 0,6 yang berarti hutangnya tidak lebih besar dari ekuitasnya alias hutangnya sangat wajar!. Dilihat dari analisa kuantitatif ICBP sungguh menarik karena memiliki ROE tinggi dan hutang kecil, nah untuk PER dan PBV saya bisa bilang pada harga ini mahal, TAPI karena pertumbuhan yang konsisten dan brand image yang kuat! Apabila teman-teman memiliki time horizon yang panjang, let’s say 5 tahun, maka harga saham ICBP saat ini layak dikoleksi. Bagaimana jika semakin turun? berarti semakin layak untuk di koleksi 🙂

Nah saya ingin membandingkan kenaikan saham ICBP dengan LQ45 dari Januari 2011 hinga Januari 2015:

www.indopremier.com

Dari data tersebut terlihat bahwa teman-teman menginvestasikan uang di ICBP selama 4 tahun bisa meningkat sebesar 185% atau 46,25% setahun, belum termasuk dividend (bagi hasil). Saran saya untuk teman-teman yang rajin menabung saham, saham ICBP ini sangat layak untuk di koleksi  karena produknya dikonsumsi setiap orang dan tidak lekang oleh waktu-kondisi-situasi. Untuk teman-teman yang merasa harga ICBP saat ini kemahalan boleh menunggu sedikit koreksi walaupun penulis tidak yakin akan terjadi koreksi banyak terhadap saham ICBP ini di tahun 2017 kalo tidak ada peristiwa yang sangat fundamental.

Akhir kata dari saya, terima kasih sudah menyimak artikel dari penulis. Semoga mendapat sedikit pencerahan tentang saham Indofood yang satu ini. Happy Investing and Good Luck!

Tagged , , , , , ,

About Zomi Wijaya

A Fundamentalist, Value Investor
View all posts by Zomi Wijaya →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *