Market Insight

CPO Masihkah Menarik?

http://markets.businessinsider.com/commodities/palm-oil-price

 

Hingga hari ini, 13 September 2017 harga Crude Palm Oil terus melesat. Based on historical biasanya di akhir tahun harga sawit cenderung meningkat, penyebabnya adalah faktor cuaca yang menghambat proses pengiriman CPO. Selain itu juga ada di akhir tahun terdapat festival Diwali di India yang akan dirayakan pada 19 Oktober mendatang, yang sangat berpotensi meningkatkan demand CPO. Memang perayaan Diwali sebegitu berpengaruhnya? Nah jawabannya kira-kira begini, festival Diwali itu perayaan terbesar umat Hindu yang dirayakan selama 5 hari!! Dan persentasi populasi pemeluk agama Hindu di India adalah 80,5%!, populasi tertinggi di dunia! untuk info selengkapnya temen-temen bisa search sendiri di mbah google.

Terus, saham-saham apa yang saya jagokan kalo ngomongin sawit??

Berdasarkan data di atas, saya membandingkan 5 perusahaan sawit yang menurut saya sehat, dan setelah di banding-banding hati saya jatuh di LSIP (Salim Grup, subsidiary dari SIMP). Kenapa? Jika kita lihat valuasinya masih murah, dengan gross profit margin yang tertinggi di sektornya. Selain itu juga struktur permodalan yang kuat sehingga saya bisa bilang bahwa saham ini bagus dibandingkan kompetitornya.

Tentunya analisa kita masih belum cukup mendalam untuk menjawab “apakah layak untuk mengoleksi saham LSIP saat ini?”

 

Mari kita lihat chart berikut ini:

Berdasarkan chart di atas kita bisa melihat ada korelasi positif antara EPS LSIP dan harga saham LSIP, tetapi sekarang harganya berada di bawah EPS LSIP. Situasi anomali ini biasa kita sebut dengan istilah LAGGING. LSIP berpotensi menyesuaikan harganya mendekati EPSnya. LSIP berpotensi menyesuaikan harganya mendekati EPSnya, dimana apabila hal tersebut terjadi maka LSIP seharusnya berada di harga 1700 (Potensi upside 21% dari harga saat ini).

 

Selanjutnya kita bisa menggunakan analisa PEBD. Dimana berdasarkan chart di atas kita bisa melihat bahwa LSIP pada saat ini cukup murah karena Current PE Rationya berada di bawah -1.

 

Oke, yang terakhir pertanyaannya “bener ga sih saham sawit itu di penghujung tahun bagus??”

Nah, teman-teman bisa melihat bahwa berdasarkan data (lagi). LSIP di akhir tahun memiliki probabilitas naik yang cukup tinggi. Dimana potensi kenaikan harga LSIP di bulan oktober adalah 100% dengan rata-rata kenaikan di bulan sep-dec adalah 71,25%. Teman-teman juga boleh check saham seperti AALI, SGRO dan TBLA di penghujung tahun (khususnya di bulan Oktober) saham-saham tersebut punya peluang naik yang cukup tinggi! Nah tapi tentu keputusan pemilihan saham dan timing pembelian balik kepada keputusan kita masing-masing 🙂

 

Sekian artikel saya kali ini, semoga bisa menambah wawasan teman-teman semua!

Btw, temen-temen juga boleh follow

IG: @WijayaPartnership

Facebook: @WijayaPartnership

@Line: @lwe1408i

Goodluck and Happy Investing

Yuk ikutan seminar Intelligent Investing, saya dan William Hartanto (Author and Founder of WH Project) akan sharing tentang bagaimana menjadi kaya dengan cerdas melalui investasi saham. Di Bursa Efek Indonesia, Jumat 29 September 2017. Untuk pendaftaran hubungi 0816920860 (Andrew).

Seminar Intelligent Investing

Tagged , , , , , , , , , , , , , ,

About Zomi Wijaya

A Fundamentalist, Value Investor
View all posts by Zomi Wijaya →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *